BERITA FAKULTAS

Wakili Rektor, Muhammad Ilyas, S.Ag., MA. Hadiri Peresmian Transformasi ATI Dewantara Menjadi Politeknik Dewantara

Humas FEBI – Muhammad Ilyas, mewakili Rektor IAIN Palopo, turut hadir dalam acara peresmian Akademi Teknologi Industri (ATI) Dewantara yang mengalami perubahan bentuk menjadi Politeknik Dewantara. Pergantian ini dinyatakan melalui Surat Keputusan Mendikbud Riset & Teknologi RI nomor 334/D/OT/2023, yang diserahkan dalam suatu acara di Aula Gedung Ratona, Kantor Walikota Palopo. Selasa 12 Desember 2023.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Dr. Andi Lukman, M.Si., Asisten Satu Pemkot Palopo Drs. Ruslan, M.Si., dan Rektor Sekota Palopo turut serta dalam peristiwa ini. Muhammad Ilyas, S.Ag., MA, menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas transformasi ATI Dewantara menjadi Politeknik Dewantara, serta berharap langkah ini membuka pintu inovasi, penelitian, dan pengembangan yang lebih besar untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi tantangan dunia industri.

Surat Keputusan perubahan bentuk dibacakan oleh Tim Pokja Kelembagaan LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Andi Walitakhri, SE.M.Ak. Direktur Politeknik Dewantara Palopo, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara.

“Kami sangat terbantu dengan dukungan LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara. Setiap kami meminta dokumen, dalam waktu yang singkat dokumen itu langsung dibuat oleh LLDIKTI. Luar biasa sistem yang diciptakan oleh LLDIKTI Wilayah IX, termasuk mendorong kampus untuk akreditasi. Alhamdulillah kampus kami juga sudah terakreditasi baik,” ungkap Suaedi.

Suaedi menekankan bahwa dukungan dari stakeholder Politeknik Dewantara turut berkontribusi pada keberhasilan perubahan bentuk ini. Ia menyatakan bahwa perubahan tersebut merupakan langkah strategis, melihat perkembangan Kota Palopo di mana sebagian besar kampus telah menjadi universitas dan institut.

“Kami fokus untuk menjawab kebutuhan industri. Motto yang kami usung adalah Kuliah Langsung Kerja. Kuncinya tidak boleh ada yang menganggur. Kami mengupayakan mahasiswa kita bisa bekerja sesuai dengan bidang ilmunya,” jelas Suaedi.

Dua angkatan kampus ATI Dewantara sebelum berubah menjadi Politeknik telah bekerja di bidang industri sesuai dengan ilmunya. Bagi mahasiswa yang mendaftar saat masih berstatus ATI Dewantara, setelah lulus nanti akan mendapatkan gelar dengan status kampus Politeknik Dewantara.

Program studi yang saat ini dibuka di Politeknik Dewantara Palopo meliputi Program Studi Diploma 3 Mesin Otomotif, Diploma 3 Teknik Elektronika, Diploma 3 Teknik Sipil, Sarjana Terapan Teknik Rekayasa Pangan, dan Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia. Transformasi ini diharapkan membawa dampak positif dalam persiapan mahasiswa menghadapi dunia industri yang terus berkembang.



Translate »