BERITA FAKULTAS

Rektor IAIN Palopo Mendorong Kematangan Leadership dalam Workshop Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Humas FEBI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menyelenggarakan “Workshop Persiapan Memasuki Dunia Kerja” di Gedung Auditorium Phinisi. Kegiatan ini, yang berlangsung selama dua hari yakni tanggal 4-5 Desember 2023, menjadi momen penting bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan mereka sebelum memasuki dunia kerja.

Rektor IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji MAg, secara resmi membuka workshop ini dan menyampaikan apresiasi atas inisiatif FEBI dalam memberikan bekal kepada mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Dalam sambutannya, Rektor menekankan bahwa gelar akademik bukan satu-satunya jaminan kesuksesan, khususnya untuk menjadi seorang pengusaha. Baginya, keberuntungan lebih condong kepada mereka yang telah mempersiapkan diri dengan baik.

Lebih lanjut, Rektor menyoroti pentingnya kematangan leadership. Baginya, menjadi pemimpin membutuhkan pemahaman yang mendalam akan kesiapan diri, bukan hanya sebagai pemimpin yang baik tetapi juga sebagai bawahan yang berkualitas. “Kematangan leadership bukan sekadar persiapan menjadi pemimpin, tetapi sudah sejak awal mempersiapkan diri sebagai bawahan yang baik. Kenali potensi diri, karena tanpa pemahaman akan potensi diri, kesuksesan sulit diraih,” tambah Rektor.

Sebagai pesan kepada mahasiswa, Rektor menekankan pentingnya ketaatan kepada orang tua dan guru. Menurutnya, tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai jika seseorang durhaka kepada kedua pilar tersebut.

Dekan FEBI IAIN Palopo, Dr. HJ. Anita Marwing, M.HI, berharap workshop ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja, sehingga keterampilan mereka semakin terasah. Kegiatan ini juga dilaporkan oleh Ketua Panitia, Muhammad Ilyas, MA, sebagai persiapan bagi mahasiswa semester akhir yang baru saja menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Narasumber eksternal seperti Muhammad Rusli (Manager BSI Kcp Ratulangi Palopo), Yassir Arafat Usman M.Psi (Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran UNHAS Direktur Lontara Institut), dan Syamsul Rijal Madani, S.E (Ketua Himpuan Pengusaha Muda Indonesia) memberikan wawasan berharga. Narasumber internal, Dr. Adzan Noor Bakri, S.E.Sy., MA.Ek., Koordinator Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Palopo, juga turut memberikan kontribusinya dalam workshop ini.

Acara dihadiri oleh para Wakil Dekan, Kabag Tata Usaha, para Dosen, Tenaga Kependidikan, dan ratusan mahasiswa FEBI IAIN Palopo, menciptakan suasana diskusi dan pembelajaran yang intensif.



Translate »