RAPAT KOORDINASI PEMBAHASAN PROGRAM KERJA FEBI IAIN PALOPO

Humas FEBI – Program kerja merupakan panduan yang dimiliki oleh lembaga pada periode tertentu untuk mencapai visi misi. Program kerja menjadi salah satu bentuk praktik manajemen dan efektivitas lembaga dalam mengatur dan mengendalikan visi misi yang berpengaruh pada berhasil tidaknya tujuan suatu lembaga. Sehubungan dengan evaluasi program kerja tahun 2022 dan rancangan program tahun 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melaksanakan rapat koordinasi pembahasan program kerja. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 18 September 2022 di Grand Maleo Hotel Makassar dan diikuti oleh pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan.

Hadir pada kegiatan tersebut Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag. dan Wakil Rektor Bidang AUPK, Dr. Ahmad Syarief Iskandar, M.M., yang sekaligus selaku narasumber pada kegiatan. Dalam sambutannya Bapak Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag., menyampaikan selamat atas terlaksananya rapat kerja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. “Program kerja hendaklah memiliki acuan dan output yang tercantum sesuai dengan renstra fakultas. Sehingga semua unsur dalam fakultas berkewajiban turut berkontribusi merealisasikan program-program kerja. Hal tersebut dapat melahirkan fakultas yang unggul bukan hanya di lingkup IAIN Palopo namun di tingkat internasional.

Pada hari pertama, materi dibawakan langsung oleh Bapak Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag., dengan tema “Optimalisasi Program Kerja Menuju Akreditasi Unggul”, dan Bapak Prof. Dr. H. Zakir Sabara HW, ST.,MT.,IPM. ASEAN Eng. (Guru Besar Ilmu Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia) dengan tema “Membangun Smart Fakultas Berorientasi Global”. Beliau mengungkapkan bahwa dalam era digitalisasi, smart faculty merupakan hal utama dalam melahirkan fakultas yang terkemuka dan unggul. Memanfaatkan website dan sosial media yang dimiliki fakultas sangat berkontribusi pada pengembangan, baik itu sumber daya hingga sarana dan prasarana. “Era digitalisasi bukan untuk persaingan namun untuk berkolaborasi. Pengembangan bukanlah berasal dari potensi diri sendiri melainkan kolaborasi beberapa potensi hingga terbentuk sumber daya unggul berbasis digital” pungkas beliau.

Di Hari kedua kegiatan, materi dipaparkan oleh Bapak Dr. Ahmad Syarief Iskandar, M.M., dengan judul “Program Prioritas Menuju Akreditasi Unggul” dan Bapak Mohammad Djamhuri, S.E. (Kepala Seksi Manajemen Satuan Kerja dan Kepatuhan Internal) dengan materi “Tata Cara Pengujian Dokumen Pelaksanaan Anggaran”.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo, Dr. Takdir, M.H., menyatakan “Serangkaian kegiatan kami pada rapat kerja kali ini adalah terkait evaluasi dan koordinasi program kerja tahun 2022 dan penyusunan program kerja tahun 2023 yang disusun berdasarkan kapasitas anggaran. Sehingga untuk tahun 2023, tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya mendadak atau tiba-tiba. Mulai dari pengalokasian anggaran, penentuan waktu dan tempat, serta penunjukan koordinator penanggung jawab kegiatan. Semua ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama” tutup beliau.

Editor : Rismayanti



Translate »