BERITA FAKULTAS

Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Humas FEBI – Dalam mengimplementasikan visi misi institusi, maka optimalisasi tri dharma perguruan tinggi menjadi kewajiban bagi civitas akademika untuk melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai wujud kontribusi akademisi dalam research and development. (Kamis, 04/08/2022)

Sehubungan dengan hal tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melaksanakan workshop penyusunan pedoman penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat ini terintegrasi dengan tema Agenda Riset Keagaamaan Nasional (ARKAN) dan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) serta menyesuaikan dengan Capaian Profil Lulusan (CPL) Program Studi.

Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai pada tanggal 03 s/d 04 Agustus di Hotel Mulia Indah Palopo. Kegiatan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo, Dr. Takdir, S.H.,M.H., Kelapa Bagian Tata Usaha, Saepul, S.Ag.,M.Pd.I, panitia pelaksana dan dosen tim penyusun dari setiap program studi.

Dalam sambutannya Dr.Takdir, S.H.,M.H., menyatakan bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Research and development perlu dioptimalkan dengan mengintegrasikan antara pemerintah, stakeholder dan para akademisi. Sehingga inilah yang menjadi salah satu tujuan dalam penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat ini. Pungkas beliau.

“Kegiatan penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat ini sangat apresiatif sebab melibatkan pihak-pihak atau stakeholder, pemerintah dan praktisi sehingga dapat langsung merumuskan arah penelitian dan pengabdian yang sesuai dengan issue, kebutuhan dan tantangan yang berlaku di masyarakat.

Narasumber yang hadir antara lain Dr. Kaharuddin, M.Ag, Ketua LP2M IAIN Palopo, Muhammad Eric Gunawan selaku Ketua Komunitas TDA Luwu Raya, Muhammad Iswan dan Andi Haerul selaku Consumer Bisnis BSI.

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata implementasi dari kinerja para dosen dan mahasiswq Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam meningkatkan kontribusinya di masyarakat. ungkap Bapak Dr. Kaharuddin, M.Ag.

Setelah pemaparan dari beberapa narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi tim penyusun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan masing-masing program studi.



Translate »