Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Destinasi Wisata

Dalam rangka implementasi program kerja, maka HMPS Eksyar melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlokasi di kelurahan Kambo dan berlangsung pada tanggal 25 s/d 29 Agustus 2021.

Kegiatan ini Dihadiri oleh pendamping kegiatan Pengabdian Masyarakat, Ahmad Syawal Senong Pakata, S.E., M.Ei., Ketua Organisasi Pemuda Kambo, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Pembukaan kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan kepada masyarakat setempat pada hari pertama. Hari berikutnya, sosialisasi home industry berbasis komoditas pertanian dan pengenalan destinasi pariwisata.

Adapun sasaran kegiatan meliputi empat aspek yakni ekonomi, pendidikan, sosial, serta pariwista. Aspek ekonomi berfokus pada Home Industry pengolahan patikala menjadi makanan tradisional yakni dodol dan kripik patikala. Aspek pendidikan lebih berfokus pada pendidikan keagamaan dengan pengajaran MBTA (Materi Baca Tulis Al-Qura’an). Aspek sosial dengan melaksanakan bakti sosial di tempat-tempat ibadah. Sementara, aspek wisata berfokus pada advertensi wisata Kambo sendiri.

“Arifin M, selaku Lurah Kambo berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan kepada masyarakat untuk lebih inovatif dalam mengelola potensi wilayah.”

“Melalui kegiatan ini, sekiranya kami dapat membantu masyarakat mengelolah sumber daya alam sebagai upaya dalam menunjang perekonomian masyarakat .” ungkap Arjun Jafar selaku koordinator kegiatan.

Author : Mirayanthi Karim
Editor : Rismayanti



Translate »