PELATIHAN PEMBUATAN PELET IKAN

Humas FEBI – Baru-baru ini Civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo menyelenggarakan pelatihan pembuatan pelet ikan, melalui Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Participatory Rural Appraisal (PRA). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut berlokasi di Kelurahan Battang Kota Palopo (Jumat-Ahad, 26-28 Agustus 2022). Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Pengabdian Masyarakat adalah pembuatan pelet ikan. Melihat potensi Budidaya ikan Nila oleh masyarakat Battang menjadi alasan untuk memberikan edukasi sekaligus pelatihan pembuatan pelet ikan yang diharapkan dapat membantu masyarakat desa agar lebih mudah dalam proses penangkapan ikan.

Antusias masyarakat desa sangat besar, respon masyarakat juga sangat baik dalam mengikuti pembuatan pelet ikan ini. Bahan yang diperlukan untuk membuat pelet juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat desa, seperti Awang, tepung jagung, protein ikan, tepung tapioka, dan bahan pelengkap lainnya.  hal ini diharapkan dapat mengurangi pengeluaran biaya produksi pakan.

Bapak Jabaluddin selaku Dosen FEBI IAIN Palopo sekaligus pembimbing dalam mengarahkan masyarakat membuat pelet pakan ikan menjelaskan “Ikan sama halnya dengan manusia, membutuhkan karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral agar tumbuh berkembang dengan baik, sehingga dibutuhkan formulasi bahan yang benar dan tepat” tuturnya.

Masyarakat berharap formulasi pakan ini bisa berhasil, dan menjadi alternatif pelet ikan yang berkualitas dan murah. “Kami sangat berterima kasih, kalau pelet ini berhasil pasti akan sangat membantu dan sukses, semoga bisa diterapkan untuk menjadi pakan ikan, karena biaya nya terjangkau dibandingkan dengan pelet yang dibeli biasanya.” Tutur Pak Mirdat mewakili masyarakat lainnya.

Author : Aisyah

Editor : Rismayanti



Translate »