MAHASISWA EKONOMI SYARIAH JADI PANELIS PADA WEBINAR RUU P2SK

Humas FEBI – Ariswandi, mahasiswa program studi Ekonomi Syariah mendapat kesempatan menjadi salah satu panelis pada kegiatan webinar yang digelar oleh Rabu Hijrah.  (Rabu, 20/07/2022)

Rabu hijrah adalah merupakan perkumpulan pemuda islam yang terdiri dari aktivis, remaja masjid, pegiat komunitas, dan pengusaha yang fokus pada isu dan gerakan kebangkitan ekonomi umat.

Webinar ini digelar dalam rangka melanjutkan diskusi terkait rencana Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Sektor Keuangan utama pada pasal 68 tentang kewajiban Spin off.

Marak perbincangan terkait akselerasi berlakunya RUU P2SK oleh pemerintah, mendorong para praktisi untuk diskusi bersama melalui webinar nasional dengan tema “Pasal Krusial RUU P2SK, Penguatan atau Pelemahan Ekonomi?” 

Webinar ini melibatkan berbagai unsur mulai dari pemerintah, akademisi maupun praktisi yang mengkaji lebih dalam terkait urgensi RUU P2SK, apakah dapat menjawab berbagai masalah pada industri keuangan syariah di indonesia atau justru menjadi bumerang yang tidak hanya menghambat tapi dapat merusak tatanan industri keuangan syariah yang ada di indonesia saat ini. 

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber antara lain Adiwarman Karim (Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia), Yusuf Wibisono (Akademisi FE Universitas Indonesia) dan  Handi Risza Idris (Pengurus Pusat MES). Selain narasumber, dihadirkan pula para panelis yang salah satunya adalah Ariswandi, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo. 

“Alhamdulillah, ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi FEBI khususnya prodi Ekonomi Syariah. Mahasiswa kita berkontribusi langsung dalam perhelatan akbar seperti diharapkan menjadi motivasi dan semangat bagi para akademisi di lingkup FEBI IAIN Palopo untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa”. Sebagai mahasiswa dan akademisi di bidang ilmu sosial, perlu peka terhadap berbagai perubahan sosial, regulasi maupun dan isu-isu yang ada di masyarakat. Poin plusnya lagi, jika dapat memberikan sumbangsi pikiran berupa ide atau solusi bagi hal-hal tersebut. Ujar Dr. Takdir, SH., MH. Selaku dekan FEBI IAIN Palopo. 

“Salah satu poin penting pada RUU P2SK ini terdapat pada pasal  68 tentang kewajiban Spin Off UUS (Unit Usaha syariah) menjadi BUS (Bank Umum  syariah) atau sederhana adalah seluruh UUS yang ada di Indonesia akan didorong untuk lepas dari induk usahanya menjadi berdiri sendiri/ BUS agar terjadi pengembangan dan penguatan sektor keuangan. Namun ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan dan dikaji Bersama” Pungkas Ariswandi.

Mahasiswa asal Pangkep ini juga aktif sebagai co-founder salah satu komunitas yakni Zahabat Eksyar.  “Zahabat Eksyar adalah wadah bagi generasi gen Z agar terlibat aktif dalam kajian-kajian ekonomi syariah dan mengawal perkembangan ekonomi syariah di Indonesia untuk kebangkitan ekonomi umat.” tutup Ariswandi.

Editor : Rismayanti



Translate »