BERITA FAKULTAS

IAIN Palopo Gelar Workshop Kehumasan: Memperkuat Branding Melalui Manajemen Media Sosial

Humas FEBI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Workshop Kehumasan yang bertujuan meningkatkan kompetensi unit Humas dalam membangun brand bagi PTKIN Kementerian Agama.

Kegiatan ini menghadirkan Tenaga Ahli Menteri Agama Bidang Teknologi dan Informasi Hj Mariana Ariestyawati dan Rektor STAIN Majene Prof Dr Wasilah Sabahuddin ST MT.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Rektor I, Dr Munir Yussuf, M.Pd, Wakil Rektor II, Dr Masruddin, M.Hum, Direktur Pascasarjana, Prof Dr Muhaemin, M.A. Dekan FEBI Dr. Hj. Anita Marwing, S.H.I., M.H.I. Dekan FTIK, Prof Dr Sukirman Nurdjan, M.Pd, Dekan FUAD, Dr Abdain, M.HI, Kabag Umum, Administrasi dan Keuangan IAIN Palopo, Saeful, M.Pd serta staf dan mitra Humas IAIN Palopo. 

Adapun peserta dari fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang ikut serta yakni Inal, S.Pd., M.Pd. Reski Wulandari Achmad, S.Pd. dan Kamriani, S.Pd.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Rektorat IAIN Palopo, Senin, 26 Februari 2024.

Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg saat membuka acara menyampaikan selamat datang kepada narasumber di kampus IAIN Palopo.

Disebutkan Rektor, branding media Kemenag RI kurang lebih 2 hingga 3 tahun terakhir ini semakin menarik dan cantik terlihat, itu tidak lepas orang-orang yang ada di belakangnya, salah satunya Jubir Kemenag RI.

Kehadiran mbak Ana sapaan akrab tenaga ahli Menag itu di Palopo tentu menjadi kesempatan emas bagi Humas IAIN Palopo untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya serta trik dan tips bagaimana melalukan branding media.

Seperti apa strategi Kemenag dalam melakukan branding dan manajemen media, baik media sosial maupun media populer lainnya. Sehingga dapat ditularkan di kampus IAIN Palopo.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Agama Bidang Teknologi dan Informasi Hj Mariana Ariestyawati mengungkapkan, untuk melakukan branding media baik sosial maupun media populer itu pertama kali dilakukan strategi atau manajemen redaksi.

Paling tidak Humas melakukan pertemuan minimal sekali seminggu, nantinya dilakukan pembagian tugas, peliputan, editor, desain, sosial media dan lainnya.
Jadi semua sudah dibagi habis tugasnya, kemudian masing-masing memahami tugas yang diberikan sehingga tidak tumpah tindih. Pada pertemuan-pertemuan ini juga dilakukan seperti apa perencanaan berita dan melakukan evaluasi.

“Biasanya awal tahun sudah dibicarakan seperti apa tema yang mau dilakukan untuk satu tahun ini, tentu seirama dengan tema yang dilakukan oleh Kemenag Pusat,” sebut mantan Jurnalis Gatra ini.



Translate »