BERITA FAKULTAS

Dekan FEBI Menjadi Penguji Eksternal Promosi Doktor di UIN Alauddin Makassar

Humas FEBI – Dekan FEBI Dr. HJ. Anita Marwing diberi amanah menjadi dosen penguji eksternal promosi Doktor oleh Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. H. Abustani Ilyas.

Pelaksanaan ujian tersebut berlangsung pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, jam 11.00 Wita LT Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar.

Mahasiswa yang diuji atas nama Faisal Pakaya Konsentrasi Syariah dan Hukum dengan Judul ‘Strategi Fundrasaing dalam Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Baznas Provinsi Gorontalo’.

Zakat berasal dari bentuk kata “zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)

Makna tumbuh dalam arti zakat menunjukkan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak. Sedangkan makna suci menunjukkan bahwa zakat adalah mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan dan pensuci dari dosa-dosa.

Ujian Promosi Doktor tersebut berjalan dengan baik yang pada akhirnya Faisal Pakaya mendapatkan gelarnya sebagai Doktor, semoga adanya hasil penelitian mengenai Strategi Fundrasaing dalam Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Baznas Provinsi Gorontalo dapat menciptakan kinerja BAZNAS yang akuntabel dengan pengumpulan zakat yang optimal.



Translate »