BERITA FAKULTAS

Dekan Febi Ikuti Pembukaan Semester Gasal Pascasarjana IAIN Palopo

Humas FEBI – Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar pembukaan kuliah semester gasal tahun akademik 2023/2024 di Aula Serbaguna Pro Dr HM Iskandar, M.Ag, Sabtu 9 September 2023.

Bersama pejabat IAIN Palopo,kegiatan ini dihadiri Dekan FEBI Dr. Hj. Anita Marwing. Adapun pembukaan kuliah menghadirkan Dekan Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar, Dr Abdul Rauf Amin, Lc, MA dengan memberikan kuliah umum “Dinamika Studi Islam : perbandingan Indonesia dan timur tengah. “

Dalam paparannya, menyampaikan bahwa, pihaknya berterima kasih kepada IAIN Palopo atas kesempatan yang diberikan untuk berbagi ilmu

“Kalau pedagang, bisnisnya jalan, terus dapat untung, disitulah kebahagiaanya. Sementara kalau ilmuan diberi ruang sampaikan keilmuannya, disitu kebahagiaanya,” ungkapnya.

Dikatakan Dr Abdul Rauf Amin, Lc, MA mengenai dinamika studi Islam. Dalam perkembangannya, ada tiga poros, yakni barat, timur tengah, kemudian Indonesia.

lebih lanjut Dr Abdul Rauf Amin menambahkan studi Islam lahir sejak adanya Nabi Muhammad SAW. Jadi umurnya itu sesuai dengan kehadiran Nabi.

“Karena orang yang pertama kali melakukan studi Islam itu, ya Nabi, ” ungkapnya.

Kemudian karakter dasarnya itu dinamis. Nabi sendiri itu sangat dinamis studi islamnya. Apalagi sahabat.

Usaha-usaha para sahabat itu sangat dinamis. Mereka tidak berpangku tangan pada teks yang ada.

“Relasi antara logika dan teks itu selalu ada. Untuk itu, studi Islam dengan kebutuhannya, itu satu paket, ” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji, M.Ag saat membuka acara, pihaknya berterima kasih atas kesediaan Dekan Fakultas Syariah UINAM untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa Pascasarjana serta civitas akademika.

Sejujurnya, kata dia, dengan Dekan Fakultas Syariah UINAM, pihaknya begitu familiar. Dahulu ketika diberi amanah memimpin Pascasarjana IAIN Palopo, pihaknya beberapa kali mengundangnya.

Bahkan pertama kali ke Brunei, ia dijamu oleh Almukarrom Abd Rauf. Waktu itu beliau dekan di salah satu perguruan tinggi disana.

Dikatakannya, untuk Pascasarjana ini wajib setiap bulannya, minimal sekali menggelar kuliah umum. Datangkan dari mana saja tokoh, dari sabang sampai merauke.

“Masalah pendanaan laporkan saja sama rektor. Nanti pembiayaanya, itu bisa kita biayai dari budget Rp15 juta hingga Rp90 juta.

Pihaknya juga sudah bicara dengan Bupati Luwu Timur nantinya ada kerjasama untuk S2 Bahasa Inggris dan PAI. Selain itu, juga dengan guru di Kanwil Kemenag.

Beberapa waktu kedepan akan dibicarakan, bagaimana teknisnya dan juga sistim perkuliahan yang diterapkan.

“Dengan berbagai program, kedepannya, kita berharap Pascasarjana ini, salah satu yang terbaik di Luwu Raya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Palopo, Dr. Muhaemin, MA. mengungkapkan, adapun kehadiran beliau disini itu mampu memberi inspirasi keilmuan bagi seluruh pihak.

Seperti nasihat Rektor UINAM beberapa waktu lalu, mahasiswa itu harus memiliki daya jangkau yang lebih, layaknya kaliber memiliki daya dobrak yang tinggi.

“Begitupun mahasiswa sehingga nantinya, menjadi kaliber di masa datang,” ungkapnya.



Translate ยป