BERITA FAKULTAS

WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA FEBI IAIN PALOPO

Humas FEBI – Dalam mendukung program kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia, melalui kementerian agama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo melaksanakan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai rangkaian upaya penerapan kurikulum MBKM di FEBI IAIN Palopo. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 24 s/d 25 Agustus 2022 di Wae Kambas yang melibatkan para stakeholder, pimpinan institusi dan fakultas, pengarah, serta tim penyusun kurikulum.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, dan Kelembagaan, Dr.H. Muammar Arafat, S.H.,M.H. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa penerapan kurikulum MBKM sebagai upaya pengembangan dan penyesuaian kurikulum dengan berbagai tantangan global yang semakin nyata. Mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang semakin pesat”, ungkapnya.

Sejalan dengan hal itu, Dekan FEBI IAIN Palopo, Dr. Takdir, S.H., M.H. menegaskan dalam sambutannya, kegiatan ini merupakan rangkaian dari upaya penerapan kurikulum MBKM di FEBI, Setelah sebelumnya kami melakukan berbagai kerjasama akademik dengan institusi serta instansi eksternal. Kegiatan ini juga merupakan program kerja FEBI dalam melalukan evaluasi kurikulum yang perlu disesuaikan kembali dengan dinamika yang terjadi di masyarakat khususnya terkait daya saing output maupun outcome kita,” pungkasnya.

Pada hari pertama, kegiatan tersebut menghadirkan reviewer dari beberapa universitas antara lain Prof. Dr. Muhammad Nur Rianto Al Arif, M.Si.,CRA.,CRP. dan Prof. Euis Amalia, M.Ag, CRA., CRP dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kedua reviewer masing-masing mereview kurikulum program studi ekonomi syariah dan perbankan syariah, Dr. Misnen Ardiansyah,S.E.,M.Si., Ak.,CA., ACPA., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mereview kurikulum program studi Akuntansi Syariah dan Dr. Rizal,M.Ag.,CRP dari UIN Batusangkar mereview kurikulum program studi Manajemen Bisnis Syariah.

Di hari kedua, dilaksanakan penyusunan kurikulum Merdeka Belajar untuk setiap program studi. Masing-masing tim melakukan revisi dan menyusun kembali kurikulum berbasis MBKM dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari para narasumber dan stakeholder.

Melalui kegiatan ini Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Muh. Ruslan Abdullah, S.EI.,M.A berharap agar setiap program studi, baik dosen dan mahasiswa sudah siap untuk melaksanakan kurikulum MBKM dalam lingkup akademik. “Kompetensi mahasiswa harus dipersiapkan agar dapat berkompetisi di dunia kerja, dunia usaha maupun dunia industri.“ tutup beliau.

Kurikulum merdeka harus bisa menangkap peluang di masa depan dan menyiapkan mahasiswa yang kompeten dan siap untuk menyambut masa depan. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar mahasiswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Rencananya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo akan menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun ajaran 2022/2023.

Editor : Rismayanti



Translate »