Tentang Fakultas

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo terbentuk pada tahun 2015. Sebelumnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini adalah suatu program studi pada Fakultas Syariah STAIN Palopo yakni program studi ekonomi syariah dan perbankan syariah.

Melalui Surat Keputusan Nomor 11 Tahun 2015 tentang alih status STAIN ke IAIN, maka Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo berubah/beralih menjadi Institute Agama Islam Negeri Palopo, tepat pada tanggal 14 Oktober 2014 dan diresmikan pada 23 Mei 2015 oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo pertama kali dilaksanakan pada bulan April 2014 berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Nomor 11 Tahun 2014.

Makna yang terkandung dalam logo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo terinspirasi dari filosofi sarang lebah. Lebah merupakan salah satu makhluk Allah yang banyak memberikan manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Keistimawaannya tersebut terurai pada salah satu surah dalam Al-Qur’an yakni An-Nahl (النحل) yang berarti Lebah. Sarang lebah menggambarkan sesuatu yang bersumber dari unsur terbaik, melalui proses terbaik dan menghasilkan sesuatu yang terbaik.

Sementara, warna logo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo adalah warna ungu. Ungu (Purple) adalah warna yang menyimbolkan kebangsawanan, aristokrat, kekuasaan, keagungan, kecerdasan, keindahan, kelembutan, kehormatan, kesejahteraan, optimisme dan segala hal positif yang melekat sebagai makna yang tersirat dari warna ungu.

Pola gambar yang membentuk logo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo adalah rangkaian heksagon (segi enam) yang tersusun dari dalam keluar dengan gradasi warna ungu yang berubah dari ungu muda (pudar) ke ungu tua (terang) serta ukuran sarang lebah yang tersusun dari yang kecil secara bertahap berubah menjadi semakin besar.

Hal ini mengibaratkan proses atau fase yang dilalui oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo. Pada semester awal hanya berupa sarang lebah kecil dengan tingkat pengetahuan dan kompetensi ekonomi dan bisnis islam yang masih terbatas. Secara bertahap, mahasiswa FEBI IAIN Palopo menjadi sarang lebah yang lebih besar dengan tingkat pengetahuan dan kompetensi ekonomi dan bisnis islam yang lebih baik. dan selanjutnya sampai pada semester akhir, mahasiswa FEBI IAIN Palopo siap menjadi alumni FEBI IAIN Palopo yang lebih unggul dan memiliki kompetensi dalam memahami, menarapkan, dan mengembangkan ekonomi dan bisnis islam untuk kemajuan perekonomian bangsa.

Translate »