Sosialisasi Sistem Pengelolaan Administrasi Online pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

FEBI – Rangkaian upaya dalam mengoptimalisasikan pelayanan kepada seluruh civitas akademika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar sosialisasi sistem pengelolaan administrasi online. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini dihadiri oleh para pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan. (Jumat, 12/03/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr.Hj.Ramlah M,M.M selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dalam sambutannya beliau mengajak para hadirin untuk memanfaatkan kegiatan  tersebut sebagai ajang untuk mengembangkan pengetahuan berbasis digital dalam pengelolaan administrasi secara online. “Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini dilaksanakan di fakultas. Melihat perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, menuntut kita sebagai bagian dari sumber daya perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan Era digital 4.0, mulai dari pelayanan sampai dengan pengarsipan data civitas akdemika fakultas.” tambah beliau.

Adapun yang bertindak sebagai narasumber pada kesempatan ini adalah Ketua Prodi Perbankan Syariah, Hendra Safri, S.E.,M.M sekaligus penggagas ide aplikasi tersebut. Dalam pemaparannya, beliau memperkenalkan tiga aplikasi dalam pengelolaan administrasi online, yakni Aplikasi Buku Induk, Aplikasi Arsip (SIARI) dan Aplikasi Pencatatan. Aplikasi Buku Induk diperuntukkan untuk wilayah akademik dan alumni, dimana seluruh data mahasiswa dan alumi terampung dalam aplikasi tersebut. Sementara Aplikasi Arsip (SIARI) yang diaplikasikan untuk menampung surat-surat keputusan yang dikeluarkan oleh Rektor atau Dekan, surat tugas dan lain-lain. Dan Aplikasi Pencatatan digunakan untuk mencatat dan melaporkan surat masuk dan surat keluar.

“Dengan diterapkannya sistem pengelolaan administrasi online, aplikasi-aplikasi ini dapat dijadikan sebagai bank data untuk internal fakultas sehingga memudahkan dalam pencarian data dan yang tak kalah pentingnya, bagaimana sebuah dokumen dapat terpelihara dan tersimpan dengan rapi, aman dan terorganisir dalam jangka waktu yang panjang, serta meminimalisir kerusakan berkas, tercecernya surat, laporan, nota dinas penting dari masing-masing bagian.” ungkap beliau.

Sistem pengelolaan administrasi online diimplementasikan untuk restorasi dan merevitalisasi pola kerja lama menjadi pola kerja yang baru dengan berkomitmen menyesuaikan penerapan pelayanan arsip elektronik berbasis teknologi informasi. Selanjutnya, sosialiasi diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Editor : Rismayanti



One thought on “Sosialisasi Sistem Pengelolaan Administrasi Online pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Comments are closed.

Translate »