BERITA FAKULTAS

Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Mahasiswa FEBI IAIN Palopo

Humas FEBI – Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan sertifikasi produk halal bagi UMKM sekaligus meningkatkan kompetensi mahasiswa IAIN Palopo di bidang produk UMKM dan sertifikasi halal, Institut Agama Islam Negeri Palopo melalui Lembaga Halal Center IAIN Palopo melaksanakan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Gelombang I yang sekaligus dirangkaikan dengan Launching Halal Center IAIN Palopo. Kegiatan ini terlaksana selama tiga hari pada tanggal 30 Maret s/d 01 April 2022 secara daring via zoom meeting.

Sebanyak kurang lebih 300 peserta termasuk mahasiswa(i) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo program studi Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah. Sejalan dengan program pemerintah, pelatihan pendampingan ini bertujuan memberi pemahaman dan pengembangan terkait sertifikasi produk halal bagi mahasiswa Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah yang akan mengikuti magang tematik. Hal tersebut dapat menunjang peningkatan mutu institusi dalam upaya implementasi regulasi Jaminan Produk Halal (JPH).

Narasumber kegiatan tersebut beberapa diantaranya merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yakni Muh. Nur Alam Muhajir, Lc., M.Si., Ishak, M.EI., Hamida, S.E.Sy., M.E.Sy., Nurfadilah, S.E., M.Ak., dan Mursyid, S.Pd., M.M.

Rusdi yang merupakan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah mengungkapkan “Pelatihan ini merupakan suatu kompetensi baru bagi kami. Ilmu dan sertifikat yang didapat dari pelatihan menjadi bekal untuk mendampingi pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal dari Kementerian Agama untuk produknya.”.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap para peserta dapat membantu pendampingan PPH dalan menjamin keamanan serts melindungi masyarakat dari kegiatan konsumsi produk-pdoduk halal. Oleh karena itu, sertifikat halal tidak mungkin dikeluarkan tanpa kerja keras adik-adik pendamping BPH atau editor halal.” tutup Mursyid, S.Pd., M.M, selaku pengelola Halal Center IAIN Palopo.

Editor : Rismayanti



Translate »