BERITA FAKULTAS

Launching dan Sosialisasi Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa “SITASI”

Humas FEBI – Pendidikan global kini  mengarah pada digitalisasi tak terkecuali pada perguruan tinggi. Sistem informasi yang berkembang tiap tahunnya, memudahkan penggunanya dalam mengoptimalkan kerja dengan meminimalisir waktu yang ada. Pada perguruan tinggi, civitas akademika dan seluruh komponen di dalamnya termasuk pejabat struktural institusi serta tenaga kependidikan dituntut untuk memiliki kompetensi di bidang informasi dan teknologi. 

Berdasarkan hal tersebut, maka tim pengelola website Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam membuat satu inovasi yang memudahkan civitas akademika dan tenaga kependidikan dalam tata kelola alur penyelesaian studi mahasiswa yang disebut dengan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa (SITASI). 

Sosialisasi Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa (SITASI) dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Januari tahun 2022 di gedung RKB Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan dihadiri oleh para Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Muh. Ruslan Abdullah, SEI,MA., Tadjuddin, S.E., M.Si., Ak., CA., CSRS., CAPM., CAPF., CSRA., Dr. Takdir,SH.MH, para ketua dan sekretaris, serta dosen program studi. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dr. Muh. Ruslan Abdullah, SEI,MA., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik. Hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palopo, Dr. H. Muammar Arafat Yusmad, S.H.,M.H. Dalam sambutannya beliau, mengungkapkan bahwa “Pendidikan berbasis sistem informasi dan teknologi sudah sewajarnya diaplikasikan, karena dapat meningkatkan kompetensi dan mutu institusi.

Adapun sosialisasi dipaparkan oleh Ketua Laboratorium, Dr. Adzan Noor Bakri, SE.Sy.,M.A.Ek. SITASI merupakan salah satu fitur layanan online yang tersedia pada website FEBI. Fitur ini membantu mahasiswa dalam menyelesaikan alur administrasi terkait penyelesaian studi, mulai dari pendaftaran ujian, jadwal ujian, jumlah pembimbingan dosen, dosen pembimbing dan bimbingan online melalui google classroom. Kedepannya, administrasi terkait tugas akhir mahasiswa akan dikelola berbasis digital. Seluruh data mahasiswa akan tersimpan pada drive fakultas sehingga dapat digunakan sebagai tolak ukur penentuan kebijakan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi Syariah untuk Program Sarjana berdasarkan Keputusan Menteri Agama  No. 1123 Tahun 2021. Program Studi Akuntansi Syariah akan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru pada semester ganjil tahun akademik selanjutnya.

Lampiran :
Undangan & Berita Acara Kegiatan



Translate »