BERITA FAKULTASKEGIATAN MAHASISWAKEMAHASISWAAN

KSPMS FEST

Humas FEBI – Kelompok Studi Pasar Modal Syariah (KSPMS) Galeri Investasi Syariah (GIS) IAIN Palopo sukses menggelar kegiatan KSPMS FEST Dengan tema “Peran Gen Z sebagai Agen of Change dalam Mendorong Investasi Syariah Di Era Digitalisasi” yang merupakan program kerja tahunan departemen Education. Kegiatan yang terdiri dari Seminar Nasional Pasar modal Syariah yang di rangkaian dengan tiga cabang lomba yang terdiri dari Essay Nasional Pasar Modal Syariah tingkat Mahasiswa, Olimpiade Pasar Modal tingkat SMA sederajat se-Kota Luwu Raya dan Challange Video Education untuk umum. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 06 s/d 08 Oktober. (Kamis, 06/10/2022)

Dalam sambutannya, Ketua Umum KSPSM GIS IAIN Palopo, Kiki Musdalifa  mengatakan bahwa dengan adanya Seminar Nasional ini mampu meningkatkan Literasi akademisi terkait investasi khususnya untuk mahasiswa dan masyarakat umum. “Harapan besar tentunya melalui Seminar Nasional Pasar Modal Syariah dapat memberikan manfaat bagi para investor dari kalangan mahasiswa atau masyarakat yang melakukan investasi baik untuk dirinya maupun negara. Yang di mana pada seminar Nasional dihadiri -+ 700 peserta”.  jelasnya

Dalam sambutannya, Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Regional 6 Sulawesi Maluku i dan Papua “Saat ini tingkat Literasi dan Inklusi Pasar Modal di Indonesia masih termasuk yang terendah dibandingkan dengan sektor lainnya. Diketahui bahwa tingkat Literasi Pasar Modal hanya sebesar 4.92% dan Inklusi sebesar 1.55%, hal ini terlampau jauh jika dibandingkan dengan sektor Perbankan yang memiliki tingkat Literasi sebesar 36.12% dan Inklusi sebesar 73.8%. Diharapkan melalui kegiatan ini Masyarakat Kota Palopo dapat melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik kedepannya, dan dapat mempertimbangkan sektor Pasar Modal sebagai salah satu sarana Investasi yang baik di masa akan datang”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Sulawesi Maluku dan Papua Bondan Kusuma, Staf ahli walikota bidang Perekonomian dan Pembangunan  Kota Palopo di Dr dr Muh.Ishaq Iskandar, Warek 1 Dr. H. Muammar Arafat, SH., MH, , Dekan FEBI IAIN Palopo Dr. Takdir S.H., M.H, Wadek 1 Dr. Muhammad Ruslan Abdullah, S.Ei., M.Ak, Kaprodi FEBI, Direktur KSPMS GIS IAIN Palopo Zainuddin S. S.E., M.Ak, Ketua-ketua Lembaga IAIN Palopo, delegasi Masyarakat  Palopo, Siswa SMA dan Narasumber yang sangat luar biasa dari OJK, Bursa dan Phintraco Sekuritas dalam menyampaikan materinya terkait dengan Pasar Modal Syariah.

Dalam pemaparan materi, narasumber Fahmin Amirullah menyampaikan bahwa betapa pentingnya investasi dan ada beberapa yang harus diperhatikan dalam berinvestasi. “Rendahnya tingkat literasi masyarakat kaitan dengan investasi mempengaruhi minat untuk berinvestasi yang di mana ketika kita berinvestasi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dan tentunya harus memperhatikan atau pandai dalam melihat mana investasi legal dan ilegal” ungkapnya.

Selain itu, untuk kegiatan lomba Essay diikuti oleh mahasiswa dari beberapa kampus antara lain UNHAS Makassar, UIN Kh. Abdul Rahman Pekalongan, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan IAIN Palopo. Untuk lomba Olimpiade diikuti oleh Siswa se-Luwu Raya serta video Edukasi yg diikuti oleh peserta umum. 

Author : “Public Relation KSPSM GIS IAIN Palopo”



Translate »