BERITA FAKULTASHMPS MANAJEMEN BISNIS SYARIAHKEGIATAN MAHASISWAKEMAHASISWAAN

KAJIAN UMUM KEILMUAN BERSAMA HMPS-MBS IAIN PALOPO

Humas FEBI – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo mengikutkan ratusan mahasiswa pada rangkaian kegiatan literasi kajian umum keilmuan. Kegiatan merupakan salah satu program kerja dari Departemen keilmuan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo  yang bertujuan mendorong minat dan bakat serta mengeksplorasi wawasan  mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap pada periode kepengurusan tahun 2022. 

Kegiatan tahap pertama dibuka dengan pelaksanaan seminar nasional Wakaf Goes to Campus, dengan mengusung tema “Penguatan literasi dan aktualisasi wakaf produktif dalam mendorong masyarakat peduli wakaf sebagai sarana pemulihan ekonomi umat”. Kegiatan dilaksanakan di gedung Auditorium Phinisi IAIN Palopo pada tanggal 21 April 2022.

Dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag dan jajaran di bawahnya, Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M. Si., sekaligus sebagai narasumber pada seminar tersebut, Muhammad Rafiuddin selaku Presidium Nasional FoSSEI bidang Media dan Data 2021-2022, para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo, dan duta kampus IAIN Palopo. 

Dalam sambutannya, Bapak Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag., menyampaikan dukungannya kepada para pengurus lembaga kemahasiswaan yang telah melaksanakan kegiatan yang dapat berkontribusi terhadap pengembangan institusi. “Kami mengharapkan para panitia maupun peserta seminar dapat menjadi generasi penerus yang paham terkait peran wakaf dalam pemulihan ekonomi umat.” tutur beliau. 

Narasumber yang dihadirkan antara lain Muhammad Fachrurrazy, S.E.I., M.H (Bidang VIII Economic and Social Development ka-FoSSEI), Awal Ramadhan (Head of Retail Wakaf Dompet Dhuafa), dan Yusuf Naim M, S.Sos., M.M (Branch Manager KCP Palopo Ratulangi). 

Kegiatan tahap kedua, dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2022 pada pukul 20.00 WITA dengan menghadirkan Kakanda Erwin Jafar, S.E., salah satu alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo yang berhasil meraih beasiswa LPDP UGM. Kakanda memaparkan materi dengan tema “”How to improve good writing (Finding a Gap)”. Meski dilaksanakan secara virtual, kurang lebih 100 mahasiswa tetap mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.   

Kegiatan tahap ketiga sekaligus penutup kajian umum keilmuan dilaksanakan di gedung RKB Fakultas pada tanggal 9 September 2022. Tema kajian “Bisnis Oligarki : Peran Mahasiswa Dalam Berlembaga” yang dipaparkan langsung oleh Bapak Dr. Adzan Noor Bakri, S. E. Sy., M. A., Ek. salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta. 

Selaku Ketua Koordinator Keilmuan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo, Annisa Masruroh, mengungkapkan bahwa melalui serangkaian kegiatan yang telah terlaksana, kami berharap dapat memberi manfaat bagi adik-adik mahasiswa khususnya program studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo. Semoga adik-adik mahasiswa lebih aktif dalam mengeksplorasi wawasan selama belajar di bangku kuliah. “Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang bekerjasama yakni  Fossei, KaseiSea, Dompet Dhuafa, dan pihak kampus IAIN Palopo selaku kampus pelaksana kegiatan.” tutup Annisa.  

Author : Nurhajijah



Translate »