BERITA FAKULTASEKONOMI SYARIAHHMPS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

HMPS EKIS-MBS Pengabdian Masyarakat di Latimojong

Humas FEBI- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo menggelar pengabdian masyarakat di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Kegiatan tersebut dimulai 8-13 September 2023.

Ketua HMPS EKIS, Hadi Muhtadi Mursalin menyebutkan adapun pengabdian masyarakat ini digelar di Desa Boneposi, Kecamatan Latimojong.

Kegiatan ini sendiri diikuti 34 mahasiswa. Adapun pemateri yang terlibat dalam kegiatan tersebut dua orang dosen dari IAIN Palopo, yakni Bapak Agung Zulkarnain, S.E, M.E.I. serta Akbar Sabani, S.E.I.,M.E.I. Kemudian ada juga dari PT. Masmindo Dwi Area serta pemerintah Desa setempat.

Di kegiatan pengabdian masyarakat ini, ada berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti FGD, pembuatan pupuk alami oleh warga, pembuatan krupuk kopi, pengajaran MBTA bagi anak-anak serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Sementara itu Ketua Prodi MBS, Akbar Sabani, S.E.I., M.E.I. menyampaikan, adapun para mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di Kecamatan Latimojong ini terdiri dari dua desa, untuk desa Boneposi itu mahasiswa EKIS. Sementara mahasiswa MBS bertempat di Desa Ulusalu.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan mahasiswa, seperti di Desa Ulusalu, HMPS MBS melakukan pelatihan pertanian alami, yakni pembuatan pupuk dari bahan alami.

Menariknya dari pengabdian masyarakat ini, pemerintah Desa setempat sangat mengapresiasi. Dimana menawarkan agar Desa Ulusalu menjadi desa binaan.

Mereka meminta agar IAIN Palopo melakukan pendampingan peningkatan hasil tanaman agrikultur dengan pendekatan pertanian alami. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo ini juga mendapatkan respon dari masyarakat dan
antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

“Memberikan bekal dasar kepada masyarakat untuk terjun disektor agribisnis,” Akbar Sabani, S.E.I.,M.E.I.

Sementara itu Dekan FEBI IAIN Palopo, Dr. Hj. Anita Marwing, S.HI., M.HI. didampingi Wakil Dekan III, Muhammad Ilyas! S.A.g, M.Ag saat melepas para mahasiswa pengabdian masyarakat di Kecamatan Latimojong, menyampaikan bahwa, agar para mahasiswa dalam berkegiatan senantiasa menjaga kesehatan, keamanan serta nama baik almamater.

“Kegiatannya kita harapkan, itu betul-betul bermanfaat bagi masyarakat setempat. Nantinya juga setelah kegiatan, laporannya sesegera mungkin diselesaikan,” himbauannya.



Translate »