BERITA FAKULTAS

FEBI IAIN Palopo Raih Berbagai Prestasi di Olimpiade Ekonomi Islam Internasional

Humas FEBI – Delegasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo meraih berbagai prestasi di ajang International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) yang digelar IAIN Kendari di Hotel Azizah Syariah, 6-8 Maret 2024.

Nurfadilah Asnita Mirsan asal Prodi Perbankan Syariah (PBS) meraih juara II lomba Stock Lab kategori individu, Muh Al Amin asal Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) meraih juara VI Stock Lab kategori individu.

Sementara itu untuk lomba Stock Lab kategori tim, delegasi FEBI IAIN mampu meraih juara IV yang dipersembahkan Nurfadilah Asnita Mirsan, Muh Al Amin dan Muatir Muh Fakta P asal Prodi MBS. Perlombaan Stock Lab sendiri merupakan kemampuan mahasiswa dalam berinvestasi, temasuk di pasar modal.

Selanjutnya FEBI IAIN Palopo juga meraih juara VI Fashion Show dan Duta Afebis atas nama A Adinda Febriyanti asal Prodi Ekonomi Syariah. Kemudian juara VI lomba film pendek dipersembahkan Rusalli, Muh Raihan Fhadil Achmad, Muh Al-Amin yang seluruhnya asal Prodi MBS.

Dekan FEBI Dr. Hj. Anita Marwing, S.H.I., M.H meyebutkan bahwa “Alhamdulillah FEBi IAIN Palopo dapat turut berpartisipasi pada kegiatan IOSIE tahun ini” ucapnya.

Ucapan selamat untuk para Mahasiswa yang berhasil meraih juara pada beberapa lomba yg diikuti. Pencapaan ini tentu punya kontribusi pada komponen borang akreditasi.

Harapanx semoga partisipasi para mahasiswa pada even IOSIE ini menjadi pengalaman berharga dann menambah semangat belajar untuk mengikuti even-even berikutnya. tambahnya.

Atas prestasi yang diraih Ketua Rombongan Delegasi FEBI IAIN Palopo, Muhammad Ilyas, S.Ag, MA menyebutkan, pihaknya berterima kasih kepada Pak Rektor dan Bu Dekan serta seluruh pihak atas segala support yang diberikan kepada pihaknya dalam mengikuti ajang IOSIE yang sangat bergengsi dikalangan/lingkup FEBI se-PTKIN.

“Semoga pelaksanaan IOSIE ke-3 yang akan datang, FEBI IAIN Palopo bisa menorehkan hasil yang lebih maksimal lagi, dengan melakukan persiapan dan pembinaan yang lebih massive lagi,” ujarnya.

Terkhusus kepada para delegasi FEBI, tulusnya terima kasih diberikan kepada mahasiswa yang telah mengukir prestasi di ajang IOSIE. Kehadiran mereka bukan hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai duta yang mewakili keunggulan Fakultas.

“Prestasi yang telah ditorehkan menjadi cerminan dedikasi, keuletan, dan kecemerlangan yang membanggakan. Teruslah berinovasi dan menginspirasi. Semoga kedepannya jauh lebih baik lagi,” terangnya.

Sementara itu pembukaan IOSIE ini ditandai dengan layar sentuh oleh Rektor IAIN Kendari Prof Dr Husain Insawan didampingi Ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) PTKIN se-Indonesia, Prof Dr M Ivan yang disaksikan oleh para pejabat IAIN Kendari serta para tamu undangan.

Saat membuka acara, Rektor IAIN Kendari, Prof Husain Insawan, menyampaikan pihaknya berharap, kegiatan IOSIE yang kedua diharapkan melahirkan banyak target mulai dari peningkatan akreditasi dan juga artikel jurnal yang diterbitkan pada jurnal terindeks scopus atau internasional.

“Secara umum kegiatan seperti ini juga akan menaikkan rating Indonesia sebagai negara yang menyelenggarakan dan mengimplementasikan ekonomi bisnis islam diberbagai sektor kehidupan,” katanya.

Rektor IAIN Kendari menambahkan, kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang pertukaran ide dan pengembangan konsep-konsep ekonomi Islam yang inovatif.

Sementara itu, Ketua AFEBIS, Prof Dr M Ivan Rahmawan Arifin menyampaikan, antusias peserta dalam pelaksanaan IOSIE tahun ini lebih tinggi dibandingkan pada kegiatan sebelumnya yang digelar di Surakarta. Sekitar 398 dari 48 PTKIN se-Indonesia berpartisipasi dalam semua cabang lomba pada ajang bergengsi ini.

“Keluarga besar AFEBIS juga mengucapkan terimakasih kepada IAIN Kendari yang telah mengemas kegiatan ini jauh lebih besar daripada IOSIE pertama yang diselenggarakan tahun lalu di Kota Solo. Partisipasi peserta dan PTKIN hari ini jauh lebih besar daripada IOSIE yang pertama, tentunya ini sangat luar biasa,” katanya.

Untuk diketahui IOSIE sendiri tidak hanya menggelar Olimpiade Ekonomi dan Bisnis Islam Internasional namun juga melakukan Konferensi Ekonomi Islam dan Halal Industri. Selain itu, juga menggelar Pameran Media Kreatif Ekonomi Islam serta beberapa acara internasional lainnya.

Kegiatan ini sendiri melibatkan 1.206 peserta, peserta dalam negeri sebanyak 675 orang, luar negeri 31 orang, official 200 orang serta peserta lainnya termasuk IAIN Palopo tentunya.



Translate »