BERITA FAKULTAS

Dosen FEBI Paparkan Daur ulang Sampah yang Bernilai Ekonomis di Kota Palopo

Humas FEBI – Pelaksanaan seminar akhir kegiatan penelitian dan pengembangan pembangunan Sub Bidang Ekonomi dengan tema “Pemetaan Daur ulang Sampah yang Bernilai Ekonomis di Kota Palopo” yang bekerja sama dengan badan penelitian dan pengembangan daerah kota palopo dan Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo.

Kegaiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin,18 September 2023 di Auditorium Saokotae kota palopo.

Seminar ini di hadiri oleh pemerintah Kota Palopo, tim peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah balitbangda palopo Hj. Sitti Baderia, S.Pd., M.Si. Kepala Balitbangda, Amir Santoso, SH., M.Si. Selaku Sekretaris Balitbangda Kota Palopo, Dekan FEBI IAIN Palopo Dr. HJ. Anita Marwing, S.H.I., M.H.I Ketua LP2M Dr. HJ. Fauziah Zainuddin, Tim Ahli dari IAIN Palopo Hendra Safri, S.E., M.M. Dr. Amrul Aysar Ahsan, S.Pd., M.Si. Ahmad Syawal Senong Pakata, S.E., M.M. dan Ilham, Instansi PLN, BANK Sulselbar dan Pegadaian, Direktur Yayasan Bumi Sawerigading, Dinas Lingkungan Hidup, kota palopo.

Hasil penelitian yang dipaparkan oleh Hendra Safri, S.E., M.M Dosen FEBI IAIN Palopo terkait dengan Pemetaan Daur ulang Sampah yang Bernilai Ekonomis di Kota Palopo.

“Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan menghasilkan pemetaan wilayah produksi sampah di Kota Palopo serta pengelola sampah menjadi ekonomis yang dapat dikembangkan di Kota Palopo” sahutnya.

“Contohnya pengelolaan pupuk kompos dan gas metana yang ada di TPA Mancani Kota Palopo”.imbuhnya.

Hj. Sitti Baderia, M.Si. dalam menyampaikan sambutannya ditengah rangkaian acara seminar

“Penanganan sampah adalah tanggung jawab dari seluruh lapisan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota saja”

Dekan FEBI IAIN Palopo Dr. Anita Marwing, S.H.I., M.H.I. dalam menyampaikan harapannya di kegiatan seminar tersebut.

“Saya mengapresiasi keterlibatan teman-teman Dosen FEBI dalam kegiatan Pemkot Kota Palopo. Harapannya semoga kolaborasi Pemkot dan Kampus IAIN khususnya FEBI terus terjalin dan membawa manfaat bagi perkembangan Kota Palopo.



Translate »