BERITA FAKULTAS

Dinas Koperasi Kota Palopo Gencar Peningkatan Kapasitas UMKM, Dr. Fasiha S.E., M.E.I. Ungkap Strategi Kewirausahaan

Humas FEBI – Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) angkatan IV. Sub kegiatan kali ini fokus pada Fasilitas Usaha Mikro menuju Usaha Kecil dalam Pengembangan Produksi dan Pengolahan, Pemasaran SDM, serta Desain dan Teknologi DAK Nonfisik Tahun Anggaran 2023.

Dalam sesi angkatan IV ini, Dr. Fasiha, M.E.I., seorang Dosen IAIN Palopo pengampuh mata kuliah kewirausahaan, turut serta sebagai narasumber dengan mengangkat materi yang relevan, “Prosedur Pendaftaran Sertifikat Halal dan Manajemen Produk Halal dalam Meningkatkan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro.” Acara ini dihelat di Dinas Koperasi, UKM Aula PLUT KUMKM, Jalan Andi Djemma No. 68 Kota Palopo. Rabu, 06 Desember 2023.

Dr. Fasiha membahas dengan mendalam mengenai prosedur pendaftaran sertifikat halal, sebuah langkah krusial bagi usaha mikro yang ingin memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, penjelasan mengenai manajemen produk halal turut menjadi sorotan, memberikan wawasan praktis bagi pelaku usaha mikro dalam memenuhi standar kehalalan dan meningkatkan daya saing produk.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelaku usaha mikro terkait strategi pengembangan produksi, pemasaran, serta penerapan desain dan teknologi. Dengan penggalian Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik tahun anggaran 2023, diharapkan para pelaku UMKM dapat mengoptimalkan potensinya untuk meraih kesuksesan dalam skala yang lebih besar.

Pada kesempatan tersebut, peserta aktif berinteraksi dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana diskusi yang produktif. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan sebagai upaya nyata Pemerintah Kota Palopo dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan sektor UMKM di daerah ini.



Translate »