BERITA FAKULTASPRESTASI MAHASISWA

Diklat Pembuatan Aneka Olahan Rumput Laut, Mahasiswa FEBI IAIN Palopo Ikut Serta

Humas Febi – Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ), sektor industri unggulan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan para akademisi. Sektor-sektor industri unggulan diklasifikasikan dalam dua sektor, yaitu sektor pasar ASEAN dan sektor pasar dalam negeri. Untuk mendominasi pasar ASEAN, pemerintah fokus pada pengembangan Industri berbasis agro (CPO,kakao, dan karet) serta Industri ikan dan rumput laut. 

Industri pengolahan rumput laut merupakan industri yang paling populer di indonesia saat ini karena  memiliki nilai tambah tinggi. Dengan melakukan ekstraksi rumput laut untuk mendapatkan hidrokoloid dalam bentuk karagenan, agar dan alginat. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Diklat Industri Makassar menyelenggarakan Diklat Industri Rumput Laut yang dapat diolah menjadi beberapa aneka olahan makanan, minuman dan produk lainnya seperti Alkali Treated Cottoni (ACT), semi refainen karangenan dan produk-produk olahan rumput laut lainnya.

Kegiatan dengan tema “Diklat 3 in 1 Aneka Olahan Berbasis Rumput Laut Angkatan II Tahun 2022” ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 21 Februari 2022, dengan mengundang Kelompok Usaha Bersama Masyarakat dan mahasiswa(i) Kota Palopo. 

Pada kesempatan ini, FEBI IAIN Palopo mengikutsertakan mahasiswa(i) dalam kegiatan diklat tersebut. Mereka adalah Arjun Jafar, Astira Rahman, dan Sofiana Nardi. Pada kegiatan tersebut para peserta diberi pelatihan terkait pengolahan aneka makan dan minuman dari rumput laut seperti mie rumput laut, permen jelly rumput laut, dodol rumput laut, selai rumput laut, stick rumput laut, dan jus rumput laut.

Selain pelatihan peserta juga dibekali pengetahuan umum Industri Rumput Laut mulai dari manfaat rumput laut, basic cooking, good manufacturing practice, dan menghitung harga pokok produksi yang dipaparkan oleh beberapa pemateri antara lain Drs. Agusalim, MM, Iman Firmansyah, S.Sos.I., M.Pd, Mukarramah Lubis, S.TP,Zulfa Madinatul Munaqasih, S.Pd, dan Dwi Handayani, ST., MT. Sedangkan selaku Asesor Ujian Kompetensi diamanahkan kepada Hasnawaty R Dan Gita Gustami .

“Kami sangat antusias dengan pelatihan yang diberikan di Balai Diklat Makassar ini. Kami sering melihat para petani rumput laut di area kampus, namun mereka hanya menjual ke pemasok setempat. Melalui diklat ini, kami selaku mahasiswa nantinya dapat membantu menyalurkan pengetahuan dan mendemonstrasikan kepada masyarakat sekitar untuk mencoba mengolah rumput tersebut agar memiliki nilai tambah ekonomis yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut.” Tutup Arjun.

Editor : Rismayanti



Translate »