BERITA FAKULTAS

DEKAN DAN WADEK FEBI HADIRI RAKERNAS AFEBIS 2023

Humas FEBI – Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Afebis) merupakan forum Dekan Fakultas Ekonomi yang berada di lingkungan Kementerian Agama yang secara umum konsen dalam pengembangan ekonomi dan Bisnis Islam. Afebis bertujuan sebagai forum pengembangan ekonomi dan bisnis Islam baik yang berparadigma ekonomi konvensional maupun ekonomi Islam di lingkungan PTKIN Kementerian Agama.

Selaku anggota forum Afebis, Dr. Takdir, S.H.,M.H (Dekan) dan Dr.Muh.Ruslan Abdullah,SEI.,M.A. (Wakil Dekan Bidang Akademik) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo turut menghadiri Rakernas Pengurus Afebis di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 13-15 Maret 2023.

Rakernas dihadiri Ketua Umum Afebis Internasional UIN SMH Banten Tulus Suryanto, Wakil Rektor II UIN SMH Banten Subhan, Dekan Fakultas Ekonomi, Presiden Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, perwakilan Bank Indonesia (BI), Ketua Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia, serta anggota Afebis seluruh Indonesia, serta Profesor Ismail Umar dari Geomatika University Malaysia. 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Afebis Internasional UIN SMH Banten Tulus Suryanto menjelaskan, Afebis merupakan organisasi yang sudah berusia empat tahun. Dalam kurun waktu berdirinya Afebis, kata Tulus, sudah banyak berperan dalam bidang ekonomi manajemen bisnis dan akuntansi Islam yang tetap berpegang pada Tridarma perguruan tinggi dan menjadi amanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di seluruh Indonesia.

Kata Tulus, para Rakernas pertama Afebis sudah menghasilkan berbagai macam rumusan. Salah satunya, bagaimana meningkatkan prestasi non kompetensi melalui koordinasi dan kerjasama dengan universitas luar negeri.

Selain pelantikan dan rapat kerja, sejumlah agenda yang dicanangkan Afebis antara lain seminar internasional dan penandatanganan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Hal tersebut bertujuan untuk pengembangan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di bidang ilmu ekonomi dan bisnis Islam.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo, Dr. Takdir, S.H.,M.H., mengungkapkan bahwa sebagai salah satu fakultas yang tergabung dalam Afebis, kami turut mengapresiasi dan mendukung program-program kerja yang akan diimplementasikan. “Melalui forum Afebis kiranya dapat mendukung recognisi ekonomi dan bisnis Islam baik di lingkup nasional maupun internasional” pungkas beliau.



Translate »