BERITA FAKULTAS

Asesor LAMEMBA Lakukan Evaluasi Proaktif terhadap Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Palopo

*Melibatkan Pihak Eksternal untuk Kualitas Pendidikan yang Lebih Unggul*

Humas FEBI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mendapat kunjungan dari Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Manajemen Bisnis Akuntansi (LAMEMBA) dalam rangka asesmen lapangan Program Studi Perbankan Syariah (PBS).

Tim Asesor yang ditunjuk oleh Lamemba untuk melakukan Asesmen lapangan Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Palopo yakni, Prof. Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak.,CA. dari sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya dan Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo yang akan dilaksanakan dimulai pada tanggal 05-07 februari 2024.

Asesmen lapangan Program Studi Perbankan Syariah (PBS) ini dihadiri oleh Wakil Rektor, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Balitbangda, Kepala Kabiro AUKA, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil dekan Fakultas, Kepala dan Sekretaris LPM, Kepala TIPD, Kepala Perpustakaaan, Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para dosen Lingkup IAIN Palopo.

Rektor IAIN Palopo diwakil oleh Wakil Rektor I Dr. Munir Yusuf, M.Pd membuka kegiatan, menyampaikan selamat datang kepada Tim Asesor Lamemba, semoga dalam pelaksanaan ini usaha maksimal dari para Dosen dan tenaga kependidikan membawa kesuksesan bagi kegiatan ini.

“hari ini kita melaksanakan kegiatan asesmen lapangan, kedatangan asesor ini secara formal melaksanakan tugas sebagai asesor yang memberikan penilaian, informasi dan masukan dan memberikan keputusan sebagai asesor. Kegiatan ini sebagai pembelajaran, karena semua pembelajaran itu mempunyai bagian untuk meningkatkan dan kemampuan dari institusi kita untuk bisa bekerja lebih baik lagi” Ucap Munir Yusuf.

Asesor Lamemba Prof. Dr. Nur Fadjrih Asyik menyampaikan, kami mewakili dari lamemba dimana sekarang hadir dalam rangka sebagai asesor di fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Palopo.

“beberapa mekanisme dan aturan dalam tahapan proses akreditasi penyelenggaraan Assesmen Lapangan sesuai dengan peraturan LAMEMBA yang dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab, Proses assesmen ditujukan untuk memotret kondisi Program Studi secara real dan melakukan klarifikasi data yang telah disusun oleh Tim Akreditasi Program Perbankan Syariah”ungkapnya

Sementara itu, Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. menuturkan kita hanya bukan menyusun saja tapi juga mempertahankan, meningkatkan apa dicapai.

“saya mohon bantuanya keluarkan kompetensi apa saja yang dimiliki oleh prodi yang dapat membantu akreditasi”tutur Agus.

Dekan FEBI Dr. Hj. Anita Marwing, S.HI., M.H.I. Menyebutkan Visitasi kali ini cukup spesial karena ini merupakan asesmen pertama kami oleh Lamemba, sebelumnya proses akreditasi di FEBI masih melalui BANPT. terangnya.

“Kami berharap asesmen ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Prodi Perbankan Syariah di masa yang akan datang dan institusi kami”. tambahnya.

Ketua Prodi Perbankan Syariah Edi Indra Setiawan, S.E., M.M mengatakan semoga segala usaha maksimal yang telah kita lakukan untuk menjalani proses asesmen lapangan Program Studi Perbankan Syariah di FEBI IAIN Palopo berbuah hasil yang memuaskan.sebutnya

“Kiranya melalui dedikasi dan kerja keras kita, dapat terwujud peningkatan kualitas dan prestasi yang membawa institusi ini menuju taraf yang lebih baik. Semoga hasil akhirnya mencerminkan komitmen kita untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan berintegritas”.tambahnya.

Sesi wawancara luring dan daring dihadiri oleh berbagai mitra kerjasama, perwakilan alumni, pengguna lulusan, Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Pengguna lulusan yang hadir antara lain, PT. IMIP Morowali, Bank Mandiri, Bank BSI dan Owner Seventea Palopo.



Translate »