CIVITAS AKADEMIKA FEBI MENGHADIRI ORASI ILMIAH

Menandai dimulainya kegiatan perkuliahan semester genap tahun akademik 2020/2021, Institut Agama Islam Negeri Palopo menyelenggarakan orasi ilmiah atau kuliah umum virtual dengan tema “Menguatkan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tana Luwu Bagi Civitas Akademika IAIN Palopo” yang dibawakan langsung oleh Guru Besar Filologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. Hj. Nurhayati Rahman, M.S.

Rektor IAIN Palopo Prof. Dr. Abdul Pirol, M.A. Turut hadir memberikan sambutan sekaligus membuka orasi ilmiah ini. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa “penguatan pendidikan karakter di masa modernisasi dan globalisasi seperti saat ini sangatlah penting, terutama pendidikan karakter yang berbasis kearifan  lokal sebagai wujud kebanggaan terhadap budaya dan karakter yang melekat pada tana luwu ini. Karena sebagaimana fenomena yang terjadi saat ini, karakter yang berbasis kearifan lokal semakin tergerus dengan budaya-budaya asing yang dianggap tidak sesuai dengan warisan budaya dari para pendahulu, sehingga karakter yang terbentuk juga didominasi oleh karakter yang dibawa oleh budaya asing.” tutur beliau.

Orasi ilmiah ini bertujuan untuk menguatkan kembali pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal Tana Luwu yang semakin terdominasi oleh karakter budaya asing yang masuk melalui perkembangan teknologi, menumbuhkan kembali kebanggaan para civitas akademika (terutama generasi milenial) terhadap karakter yang dibentuk dari kearifan lokal tana luwu, menjalani kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan karakter tana luwu yang berbasis kearifan lokal serta menjauhi pola pikir sebagai bangsa inferior ditengah masyarakat. Untuk mengubah pola pikir sebagai bangsa inferior pada masyarakat utamanya generasi milenial, maka perlu adanya keselarasan antara penguatan nilai-nilai budaya lokal dan pemanfaatan kemajuan teknologi. Sehingga para generasi milenial tetap mampu mengikuti kemajuan teknologi dan perkembangan zaman tanpa harus merusak karakter nilai-nilai budaya berbasis kearifan lokal Tana luwu yang diwariskan oleh para pendahulu.

Turut hadir pula Dr. Hj. Ramlah M.,M.M, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam beserta seluruh jajaran di bawah naungannya pada kegiatan tersebut. Beliau memberikan apresiasi terhadap antusiasme para civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo dalam mengikuti kegiatan ini. Menurut Beliau, kegiatan ini merupakan “angin segar” bagi para civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo yang sebentar lagi akan memulai kegiatan perkuliahan setelah menjalani libur semeter yang cukup panjang. “Terlebih lagi, tema yang diusung pada orasi ilmiah ini sangat menarik dan mampu menjawab tantangan dinamika perkembangan zaman yang semakin menjauh dari karakteristik budaya kearifan lokal Tana Luwu.” tutup beliau.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »