WEBINAR INTERNASIONAL FEBI IAIN PALOPO

IAIN Palopo – Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo menyelenggarakan webinar internasional dengan tema “Society’s Economic Empowerment in Pandemic Era. Pelaksanaan kegiatan ini terbagi menjadi 2 (dua) sesi yakni sesi I pada pukul 08.00-11.00 WITA dan sesi II pada pukul 19.00-22.00 WITA. Jumat (11/12/2020).

Pertemuan ilmiah berskala internasional tersebut dibuka oleh Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abd. Pirol M.Ag. Beliau mengapresiasi terselenggaranya kegiatan webinar internasional ini. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan maslahat kepada masyarakat dan seluruh civitas akademika IAIN Palopo dalam menghadapi pandemi yang saat ini sedang melanda teritorial dan perekonomian kita”. tutur beliau.

Turut hadir pula Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo, Dr. Hj. Ramlah Makkulasse, M.M. Beliau sangat mendukung kegiatan pertemuan ilmiah ini. Lebih khusus, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa “kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk respon para civitas akademika FEBI IAIN Palopo ditengah pandemi yang melanda wilayah Indonesia termasuk di Kota Palopo, yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kondisi perekonomian baik dalam lingkup regional, nasional maupun internasional”. Pungkasnya.

“Sektor riil yang semakin lesu dan perputaran ekonomi yang tidak stabil karena menurunnya produktifitas masyarakat, mengakibatkan tingginya angka pengangguran dan daya beli masyarakat yang semakin rendah. Melalui kegiatan webinar ini diharapkan para civitas akademika FEBI IAIN Palopo dapat lebih memahami masalah perekonomian yang dihadapi di era pandemi ini sehingga para civitas akademika FEBI IAIN Palopo mampu berkontribusi dan memberikan langkah solutif yang berlandaskan nilai-nilai Islam kepada masyarakat dalam menghadapi pelemahan ekonomi akibat dari pandemi ini”. Tutup beliau.

Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh HMPS Ekonomi Islam ini menghadirkan Narasumber dari beberapa Negara diantaranya, Heba Mohamed Youssif dari Mesir, Erin Scarr dari Canada, Rebecca Sarah Ciarla dari Italia, dan Dr. Muh. Ruslan Abdullah, M.A. dari Indonesia. Selain itu, Para wakil dekan, para ketua program studi, para dosen dan keluarga besar FEBI IAIN Palopo juga turut mendukung kegiatan ini.

Webinar internasional yang mengusung tema “society’s economic empowerment in pandemic era” ini menguraikan fenomena serta langkah yang ditempuh oleh pemerintah, swasta dan masyarakat di Negara Mesir, Italia, dan Canada dalam pemberdayaan ekonomi di era pandemi ini, baik pada masa awal pandemi hingga masa new normal yang berlaku di Negara mereka. Uraian para Narasumber tidak hanya dari aspek ekonomi tetapi juga pada aspek sosial dan psikologi masyarakat yang terkena dampak dari pandemi ini. Dalam kesempatan ini, wakil dekan I FEBI IAIN Palopo yang juga bertindak sebagai Narasumber, Dr. Muh. Ruslan Abdullah, M.A. menguak fenomena dan aspek sosial ekonomi yang terjadi di masa pandemi ini dengan pendekatan ekonomi islam yakni salah satunya dengan penerapan social capital.

Para peserta webinar internasional yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seluruh indonesia sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebagian besar peserta berasal dari kalangan civitas akademika IAIN Palopo.

Editor : Rismayanti



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »