Prestasi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo Tahun 2020

Perguruan tinggi merupakan jenjang yang penting untuk mempersiapkan insan berkualitas dengan kemampuan akademik dan profesionalitas dalam menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Mahasiswa perlu memaksimalkan perannya pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, sehingga mereka memiliki wadah dalam mengekspresikan dan mengimplementasikan kompetensi serta bakat yang dimilikinya.

Salah satu indikator keberhasilan mahasiswa yakni menjuarai suatu kompetisi dengan menorehkan suatu prestasi, baik yang sesuai dengan bidang keilmuan maupun yang sesuai dengan hobi, bakat serta pola aktivitas di lingkungannya. Prestasi mahasiswa merupakan salah satu wujud tanggung jawab moral selama penempuh pendidikan. Hal tersebut dapat diasah, salah satunya melalui kompetisi antar mahasiswa.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo memiliki berbagai prestasi, baik di tingkat Nasional, regional maupun lokal. Pada tahun 2020 perolehan prestasi mahasiswa tidak sebanyak tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh mewabahnya virus covid-19 sejak awal maret 2020. Terbatasnya ruang gerak mahasiswa akibat pemberlakuan pembatasan sosial, menyebabkan banyaknya kegiatan kompetisi kemahasiswaan dibatalkan/ditiadakan pelaksanaanya, sehingga jumlah predikat prestasi yang berhasil diperoleh mahasiswa cukup minim, namun tetap patut diapresiasi.

Hasil akumulasi dan klasifikasi prestasi mahasiswa pada tahun 2020 diperoleh data 13,8% juara 1, lalu 34,5% juara 2, menyusul angka17,2% juara 3, selebihnya 34,5% untuk prestasi kategori lainnya. Peringkat ini diperoleh dari beberapa bidang lomba seperti bidang akademik, olahraga, seni dan hafidz Quran. Prestasi mahasiwa yang memperoleh peringkat 1, 2 dan 3 tersebut mendapatkan reward berupa dana pembinaan mahasiswa, piagam penghargaan dan sertifikat.

Berikut uraian data prestasi mahasiswa FEBI IAIN Palopo tahun 2020 yaitu :

  1. Ridwan berhasil memperoleh “Peringkat 1” lomba penulisan karya ilmiah pada “Ekonomic Legibus Islamic Festival (ELIF)”. Lomba tersebut dilaksanakan selama empat hari dan terdapat 6 item lomba yakni lomba karya tulis ilmiah untuk mahasiswa tingkat nasional, musikalisasi puisi, orasi ilmiah tingkat se-Luwu Raya, sedangkan untuk tingkat SMA berupa lomba rangking 1, penyanyi solo, akuistik tingkat regional se-Luwu Raya pada 7 Maret 2020.
  2. Nur Herlina mendapat “Peringkat 1 Islamic Economic Competition (INCOME) KSEI SEA IAIN Palopo”. Kompetisi ini mengangkat tema “Potensi Luwu Raya Sebagai Pusat Strategis dalam Pengembangan Ekonomi Digital dan Halal Lifestyle. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2-3 Februari 2020 tingkat provinsi.
  3. St. Sahida Sahar memperoleh “Peringkat 2” pada kegiatan “Islamic  Economic Competion (INCOME)” di tingkat provinsi.
  4. Resti Ramadana berhasil mendapatkan gelar “Duta Sosial Media” tingkat Regional.
  5. Nur Herlina memperoleh “Peringkat 2 lomba karya tulis ilmiah dalam kegiatan Fair Competition of KPI 2020 tingkat regional”
  6. Anzal memdapatkan prestasi di bidang olah raga yakni berhasil keluar sebagai “Juara ke-2” turnamen tingkat nasional pencak silat batara guru 2020 yang dilaksanakan di Luwu Timur.
  7. Arjun Jafar mendapat “Peringkat 2” tingkat nasional pada “Islamic Economic Festifal 5” yang diselenggarakan oleh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  8. Hikma Ramadhani merupakan atlit pencak silat tingkat nasional mendapat “Juara 3 Batara Guru Cup” 2020 diselenggarakan di Luwu Timur.
  9. Ardianto memperoleh “Peringkat 3 Islamic Economic Competition KSEI SEA IAIN Palopo” di kegiatan tingkat provisi tersebut.
  10. Ulan Tini merupakan atlit pencak silat putri tingkat nasional berhasi memperoleh “Juara 3 Batara Guru Cup 2020” diselenggarakan di Luwu Timur.
  11. Citra Wulandari merupakan Finalis 10 Besar LKTI Sub Tema Ekonomi Pembangunan Mesjid Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) FoSSEI XIX yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang.
  12. Ridwan sekali lagi memperoleh prestasi lomba karya tulis ilmiah pada Islamic Economic Competition KSEI SEA IAIN Palopo tingkat regional.
  13. Rahmi sebagai “Peringkat 1 Umum Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Palopo”.
  14. Hani Alyanur memiliki prestasi akademik mahasiswa terbaik.
  15. Ani Indriani Agustini berhasil menjadi jawara pada “Lomba Cipta Quote” tingkat lokal.
  16. Firdayanti merupakan finalis pada “Temu Ilmiah Regional FoSSEI XIX yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang tingkat nasional.

Adapun prestasi akademik berupa kegiatan ilmiah lebih mendominasi dibandingkan bidang non akademik. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ilmiah menumbuhkan semangat melatih pengetahuan, kecerdasan, kreatifitas, serta mampu memicu semangat akademisi dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Download : Lampiran SK. Prestasi Mahasiswa

Download : Bukti dan Dokumentasi Prestasi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo

Editor : Nur Amal Mas, Rismayanti



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »