FEBI Entrepreneur Race

 Menciptakan pengusaha-pengusaha muda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar FEBI Entrepreneur Race yang diikuti 500 mahasiswa IAIN Palopo, di Auditorium Phinisi Sawerigading IAIN, 24-25 November 2018.

Adapun kegiatan tersebut bertemakan “Jadi Pengusaha Muda Siapa Takut ?” dengan empat rangkaian kegiatan, yakni talkshow, games, coaching class serta amazing race yang dilakukan selama dua hari.

Pada hari pertama dilakukan talkshow dengan menghadirkan CEO Mattuju Grup, Produser Film Uang Panai dan Kaili The Movie, Andi Mattuju. Dirinya bercerita akan perjalanan hidup memulai usaha sejak kuliah dengan hobi hingga mampu membuat perusahaan nasional industri kreatif menjadi produser dan sutradara beberapa film ternama.

“Bisnis harus dimulai dari mindset yang benar, action yang total dan bermanfaat untuk sesama,” sebut Andi Mattuju saat memberikan motivasi kepada peserta FEBI Entrepreneur Race, Sabtu 24 November 2018.

Selain itu, dihari pertama pula peserta FEBI Entrepreneur Race mendapat berbagai materi pada kegiatan Coaching Class, yakni bisnis kuliner oleh Owner Dahsyat Fried Chicken, Digital Marketer oleh Azis Arifuddin, serta berbagai materi kewirausahaan lainnya. Sementara dihari kedua yakni amazing race, dimana peserta dibagi 50 kelompok ditantang membuat produk yang bernilai ekonomi.

“Iya untuk hari kedua peserta dibagi 50 kelompok membuat produk bernilai ekonomi dengan waktu kurang lebih tiga jam, produknya harus jadi dan telah terjual dengan nilai keuntungan,” sebut Ketua Panitia Kegiatan, Muzayyanah Jabani, ST, MM kepada Palopo Pos disela-sela kegiatan, Minggu 25 November 2018 kemarin.

Dikatakannya, untuk materi terakhir, Coaching Class, peserta mendapat tantangan dengan sumber daya dan waktu yang terbatas. Produk yang dibuat berupa barang bekas namun bernilai ekonomi.” Menariknya seluruh kelompok dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu bahkan ada yang membuat produk lukisan yang laku terjual dengan nilai puluhan ribu serta boneka cantik dari kantong plastik,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk Coaching Class ini, ada lima hal yang ingin dicapai bagaimana peserta mampu melaksanakan lima pilar bisnis, yakni SDM, produksi, marketing, sales hingga keuangan.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap tumbuh mental-mental pebisnis muda yang nantinya melahirkan pengusaha-pengusaha muda,” sebutnya.

Sementara itu Kabag FEBI IAIN Palopo, Saeful, S.Ag kepada Palopo Pos, menyebutkan bahwa, adapun kegiatan seperti ini akan diusahakan berlangsung setiap tahunnya.

Kegiatan seperti tentunya menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi wirausahawan,” Mampu menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa agar setelah lulus, mereka memiliki mental mandiri, sebagai entrepreneur, bukan pencari kerja melainkan pencipta lapangan kerja,” sebut mantan Ketua Karang Taruna Kota Palopo ini.

Senada, Wakil Dekan I FEBI IAIN Palopo, Dr Takdir, MM mengungkapkan adapun kegiatan FEBI Entrepreneur Race diharapkan mampu mengembangkan potensi kreativitas potensi, para alumni nantinya mampu survive di tengah-tengah masyarakat. Bukan lagi pecari kerja melainkan pencipta lapangan kerja.

Untuk diketahui, diakhir kegiatan, 50 kelompok mahasiswa mengumpulkan keuntungan dari produk yang dibuat pada kegiatan Coaching Class. Keuntungan tersebut nantinya akan dikirim untuk korban gempa Palu dan Donggala.(ich/idr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *